Pengaruh Model Pembelajaran SAVI Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Otomatisasi Tata Kelola Humas dan Keprotokolan di SMKN 2 Buduran Sidoarjo

Authors

  • Yeni Pratiwi Universitas Negeri Surabaya
  • Durinta Puspasari Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.19184/jukasi.v8i2.26829

Abstract

Tujuan diadakannya penelitian guna mengetahui hasil belajar siswa pada mata pelajaran OTK Humas dan Keprotokolan di SMKN 2 Buduran Sidoarjo yang dipengaruhi oleh model pembelajaran SAVI. Dengan rancangan penelitian Non-equivalent Control Group Design yang termasuk kedalam penelitian Quasi Experimental Design. Penelitian ini menggunakan seluruh siswa kelas XII OTKP tahun ajaran 2020/2021 sebanyak 40 siswa, yang terdiri dari 20 siswa XII OTKP 1 sebagai kelas kontrol dan 20 siswa XII OTKP 2 sebagai kelas eksperimen sebagai populasi. Instrumen penelitian meliputi: 1) lembar soal pretest dan posttest; 2) perangkat pembelajaran yang mencakup silabus dan RPP. Teknik analisis data, antara lain: 1) analisis butir soal yang mencakup uji validitas, uji reliabilitas, daya beda, tingkat kesukaran; 2) analisis hasil belajar siswa yang mencakup uji homogenitas, uji normalitas, uji hipotesis, analisis NGain-score. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil uji t posttest kelas kontro dan kelas eksperimen diperoleh t-hitung sebesar 7,311 dengan nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 dan df 38, maka nilai t-tabel dengan taraf kepercayaan 95% (α = 0,05) adalah 2,024. Berdasarkan hal tersebut, hasil uji t mendapatkan Sig. (2-tailed) 0,000 < 0,05 dan t-hitung (7,331) > t-tabel (2,024). Sehingga Ho ditolak dan Ha diterima sehingga disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran SAVI terhadap hasil belajar pada mata pelajaran OTK Humas dan Keprotokolan di SMKN 2 Buduran Sidoarjo.

Kata Kunci: hasil belajar; model pembelajaran; SAVI.

 

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2021-09-08