Pengembangan E-Modul Etnosains “Budidaya Hortensia†Menggunakan iSpring Berbasis Android untuk Mengoptimalkan Hasil Belajar Siswa SD
DOI:
https://doi.org/10.19184/jipsd.v11i2.49136Keywords:
IPA, hortensia, e-modul, etnosainsAbstract
E modul etnosains berbasis android merupakan bahan ajar yang digunakan dengan perangkat elektronik berupa handphone. E modul etonsains di desain dengan tujuan untuk mengintegrasikan budaya lokal yang ada di sekitar mahasiswa dengan materi pembelajaran di sekolah. Tujuan dari penelitian ini yakni untuk mengkaji keefektifan penggunaan e modul etnosains “Budidaya Hortensia†berbasis android yang dikembangkan dalam mengoptimalkan hasil belajar IPA siswa di jenjang Sekolah Dasar. Manfaat penelitian ini yakni dapat sumber informasi bagi khalayak umum mengenai penggunaan e modul berbasis etnosains pada kegiatan pembelajaran serta menjadi sumber rujukan dalam penelitian selanjutnya. Penelitian kuantitatif ini merupakan penelitian pengembangan dengan model 4D Thiagarajan. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa e modul etnosains berbasis android yang dikembangkan dinyatakan valid dan praktis dengan tingkat keefektifan sebesar 47% dalam mengoptimalkan hasil belajar dan memperluas wawasan mengenai kearifan lokal di lingkungan daerah siswa kelas IV SDN Badean 1 Bondowoso.