Pengaruh Media Pembelajaran Pop Up Cerita Kesenian Singo Ulung Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas 4 SDN Jetis 1 Bondowoso

Authors

  • Rezha Triana Anggraini Universitas Jember
  • Suhartiningsih Suhartinigsih
  • Nindya Nurdianasari Universitas Jember
  • Titis Angga Rini Universitas Negeri Malang
  • Bagus Cahyanto Universitas Islam Malang

DOI:

https://doi.org/10.19184/jipsd.v11i3.51349

Keywords:

Hasil Belajar, Media Pembelajaran, Pop Up Book

Abstract

Hasil wawancara dengan guru SDN Jetis 1 pada tanggal 20 November 2023 bahwa media pembelajaran yang digunakan untuk pembelajaran Bahasa Indonesia di SD tersebut hanya menggunakan media gambar sebagai bentuk nyata atau contoh nyata agar siswa lebih memahami materi pembelajaran yang diberikan oleh guru, sedangkan metode pembelajaran yang digunakan adalah metode ceramah, diskusi serta bermain peran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran Pop Up cerita kesenian singo ulung terhadap hasil belajar siswa kelas IV tema 7. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Penelitian ini dilakukan di SDN Jetis 1 Bondowoso. Subjek pada penelitian ini merupakan siswa kelas IV dengan jumlah sampel sebanyak 42 siswa. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan menggunakan pendekatan kuantitatif untuk menguji pengaruh media pembelajaran Pop Up book terhadap hasil belajar siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media pembelajaran Pop Up lebih efektif daripada menggunakan media pembelajaran teks cerita.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-10-28