Penerapan Lembar Kerja Siswa Berbasis Etnomatematika pada Materi Transformasi Geometri untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa

Authors

  • Sinta Priciliya SMK Negeri 1 Pujer Bondowoso

DOI:

https://doi.org/10.19184/jomeal.v1i2.24358

Keywords:

LKS, etnomatematika, hasil belajar

Abstract

Pada pembelajaran matematika terdapat beberapa kesulitan yang dialami siswa. Salah satu cara untuk mengatasi kesulitan tersebut adalah dengan menerapkan strategi yang sesuai dengan karakteristik materi dan siswa. Pada materi transformasi geometri dapat menerapkan pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) dan lembar kerja siswa (LKS) berbasis etnomatematika. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menerapkan LKS berbasis etnomatematika pada materi transformasi geometri. Subjek penelitian adalah siswa dengan kemampuan matematika tinggi di SMK Negeri 1 Pujer. Metode pengumpulan data meliputi observasi dan tes. Hasil penelitian menunjukkan pada siklus pertama dengan menerapkan pembelajaran konvensional, siswa memperoleh skor rata-rata di bawah 60. Sdangkan pada siklus kedua dengan menerapkan pendekatan RME dan LKS berbasis etnomatematika, skor yang diperoleh rata-rata di atas 60. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bawha penerapan LKS berbasis etnomatematika pada materi transformasi geometri dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Kata kunci: LKS, etnomatematika, hasil belajar

Downloads

Download data is not yet available.

References

Bunga, N., Isrok’atun, & Julia. (2016). Pendekatan Realistic Mathematics Education untuk Meningkatkan Kemampuan Koneksi dan Komunikasi Matematis Siswa. Jurnal Pena Ilmiah, 1(1), 441–450.

Disnawati, H., & Nahak, S. (2019). Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis Etnomatematika Tenun Timor pada Materi Pola Bilangan. Jurnal Elemen, 5(1), 64–79. https://doi.org/10.29408/jel.v5i1.1022

Fahrudhin, A. G., Zuliana, E., & Bintoro, H. S. (2018). Peningkatan Pemahaman Konsep Matematika Melalui Realistic Mathematic Education Berbantu Alat Peraga Bongpas. ANARGYA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 1(1), 14–20.

Haryonik, Y., & Bhakti, Y. B. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Lembar Kerja Siswa dengan Pendekatan Matematika Realistik. MaPan: Jurnal Matematika Dan Pembelajaran, 6(1), 40–55. https://doi.org/10.24252/mapan.2018v6n1a5

Hasratuddin. (2014). Pembelajaran Matematika Sekarang dan yang akan Datang Berbasis Karakter. Jurnal Didaktik Matematika, 1(2), 30–42. Retrieved from http://www.jurnal.unsyiah.ac.id/DM/article/view/2075

Maulani, F. I., & Zanthy, L. S. (2020). Analisis Kesulitan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Materi Transformasi Geometri. Jurnal Gammath, 5(1), 16–25.

Ningsih, S. (2014). Realistic Mathematics Education: Model Alternatif Pembelajaran Matematika Sekolah. JPM IAIN Antasari, 1(2), 73–94.

Ubiratan, D. (1985). Ethnomathematics and its Place in the History and Pedagogy of Mathematics. For the Learning of Mathematics, 5(1), 44–48.

Widayati, A. (2008). Penelitian Tindakan Kelas. Junral Pendidikan Akuntansi Indonesia, VI(1), 87–93.

Downloads

Published

2021-07-09

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)