Analisis Komunikasi Matematis Siswa Kelas X SMK Muhammadiyah 3 Tegaldlimo dalam Menyelesaikan Soal Matematika

Authors

  • Ditia Puspita Dewi Universitas Jember
  • Susanto Susanto Universitas Jember
  • Titik Sugiarti Universitas Jember
  • Muhammad Habib Munir SMK Muhammadiyah 3 Tegaldlimo

DOI:

https://doi.org/10.19184/jomeal.v1i2.24402

Abstract

Abstrak. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan komunikasi matematis siswa kelas X SMK Muhammadiyah 3 Tegaldlimo dalam menyelesaikan masalah matematika. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan subjek penelitian siswa kelas X RPL SMK Muhammadiyah 3 Tegaldlimo. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode tes dan wawancara. Hasil tes menunjukkan bahwa kemampuan komunikasi matematis siswa dalam menulis berada pada kategori sedang. Hasil wawancara menunjukkan bahwa kemampuan komunikasi matematis siswa bervariasi yaitu rendah, sedang, dan tinggi. Siswa dengan kemampuan komunikasi tinggi, 1 dari 4 siswa yang melakukan wawancara telah memenuhi semua indikator kemampuan komunikasi matematis. Siswa dengan kemampuan komunikasi matematis sedang, 2 dari 4 siswa yang melakukan wawancara telah memenuhi indikator menulis simbol matematika dan tanda baca, serta mampu menyajikan pemecahan masalah dalam bentuk grafik, namun terbatas pada indikator menulis gagasan dan masalah dalam pembelajaran bentuk kalimat matematika.

Kata kunci: kemampuan komunikasi matematis, sistem persamaan linier, siswa sekolah menengah kejuruan

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2021-07-09

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)