Analisis Penerapan Soal Berbasis AKM (Asesmen Kompetensi Minimum) dalam Kemampuan Literasi Matematis Siswa

Authors

  • Kurnia Vera Hazira Pascasarjana Universitas Negeri Semarang

DOI:

https://doi.org/10.19184/jomeal.v2i3.35102

Keywords:

Asesmen Kompetensi Minimum, Literasi Matematis

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan literasi matematis siswa dalam menyelesaikan soal AKM (Asesmen Kompetensi Minimum) yang terdiri dari 3 komponen utama yaitu penguasaan konten, proses kognitif dan konteks. Soal AKM (Asesmen Kompetensi Minimum) ini menjadi pengganti sebuah Ujian Nasional yang akan dimulai pada abad 21, yang mengutamakan kemampuan literasi (bahasa) dan numerasi (literasi matematis) siswa. Soal AKM diberikan kepada siswa disetiap jenjang pendidikan yaitu kelas 4 SD/MI, 8 SMP/Mts dan 11 SMA/MA/SMK dengan berbagai tingkat level dan jumlah soal yang berbeda.  Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI MA Tarbiyatul Mubtadiin Wilalung Demak. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini yaitu menggunakan teknik tes dan wawancara. Hasil penelitian berupa analisis kemampuan literasi siswa lebih dominan pada level tingkat sedang dengan hasil presentase 75%, lalu diambil sampel yaitu 6 siswa untuk dilakukan wawancara dengan berbagai tingkat kemampuan untuk memperkuat hasil penelitian.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agussuryani, Q., Sudarmin, S., Sumarni, W., Cahyono, E., & Ellianawati, E. (2022). STEM literacy in growing vocational school student HOTS in science learning: A meta-analysis. International Journal of Evaluation and Research in Education, 11(1), 51–60. https://doi.org/10.11591/ijere.v11i1.21647

Anggraini, Ilma, & Putri. (2018). Analisis Kemampuan Literasi Matematika Siswa Kelompok Kecil dalam Menyelesaikan Soal Matematika Tipe PISA. 472–481.
Azid, N., Ali, R. M., El Khuluqo, I., Purwanto, S. E., & Susanti, E. N. (2022). Higher order thinking skills, school-based assessment and students’ mathematics achievement: Understanding teachers’ thoughts. International Journal of Evaluation and Research in Education, 11(1), 290–302. https://doi.org/10.11591/ijere.v11i1.22030

Hadiana. (2020). Penguatan Asesmen dan Pembelajaran. Pusat Asesmen dan Pembelajaran Kemdikbud RI.

Muzana, S. R., Jumadi, Wilujeng, I., Yanto, B. E., & Mustamin, A. A. (2021). E-STEM project-based learning in teaching science to increase ICT literacy and problem solving. International Journal of Evaluation and Research in Education, 10(4), 1386–1394. https://doi.org/10.11591/IJERE.V10I4.21942
Subaidah, Valentino, E., & Wijayanti, E. (2017). Analisis Literasi Matematika Siswa dalam Memecahkan Soal Matematika PISA Konten Ruang dan Bentuk. Jurnal Buana Matematika, 7, 7–12. http://clpsy.journals.pnu.ac.ir/article_3887.html

Sujatmiko, E., Suparno, & Miyanto. (2020). Detik-Detik Asesmen Nasional AKM Numerasi. PT Penerbit Intan Pariwara.

Zainiyah. (2018). Literasi Matematika : Bagaimana jika Ditinjau dari Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa SD Kelas Tinggi ? Mathematical Literacy : How if Viewed from Mathematics Problem Solving Ability of High-Grade ’ s Elementary School Students. 4(1), 5–14.

Downloads

Published

2022-11-17

Issue

Section

Articles