PROFIL SISWA BERKEMAMPUAN MATEMATIKA TINGGI DALAM MEMECAHKAN SOAL CERITA POKOK BAHASAN ARITMATIKA SOSIAL

Authors

  • Kamila Duwi Fatmawati Pendidikan Matematika FKIP Universitas Jember
  • Dinawati Trapsilasiwi Universitas Jember
  • Erfan Yudianto Universitas Jember

DOI:

https://doi.org/10.19184/saintifika.v22i2.15950

Abstract

Profil pemecahan masalah merupakan gambaran secara umum mengenai kegiatan memecahkan masalah matematika yang dilakukan oleh siswa dengan menggunakan lima tahapan pemecahan masalah model IDEAL, yaitu mengidentifikasi masalah, mendefinisikan masalah, mencari solusi, melaksanakan strategi, dan mengkaji kembali serta mengevaluasi pengaruhnya. Hal tersebut menjadi menarik ketika dikaitkan dengan kemampuan matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan profil siswa berkemampuan matematika tinggi dalam memecahkan soal cerita pokok bahasan Aritmatika Sosial. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Siswa berkemampuan matematika tinggi diberi dua soal tes pemecahan masalah, kemudian dilakukan wawancara untuk mengetahui lebih dalam proses dalam memecahkannya. Hasil yang diperoleh adalah siswa berkemampuan matematika tinggi mampu memenuhi semua indikator dari setiap tahap pemecahan model IDEAL. Hal ini terlihat dari hasil pekerjaan yang diberikan dan wawancara yang dilakukan oleh peneliti terhadap siswa tersebut.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2020-07-24

Issue

Section

Articles