PENGEMBANGAN DESAIN E-KOMIK TEMATIK BERBASIS PADA PENDIDIKAN LINGKUNGAN HIDUP DENGAN APLIKASI MACROMEDIA-FLASH UNTUK KELAS PERMULAAN SEKOLAH DASAR

Authors

  • A Agustiningsih FKIP UNEJ

Abstract

Abstrak. Penelitian ini termasuk penelitian pengembangan, karena dalam penelitian ini dikembangkan desain e-komik tematik berbasis pada pendidikan lingkungan hidup dengan aplikasi macromedia-flash untuk kelas permulaan sekolah dasar. Dalam mengembangkan perangkat pembelajaran, mengacu pada unsur-unsur model pengembangan perangkat pembelajaran Tiagarajan yang disebut four-D Models. Pada penelitian ini fokus pengembangan adalah pada media pembelajaran yang berupa desain e-komik tematik berbasis pada pendidikan lingkungan hidup dengan aplikasi macromedia-flash untuk kelas permulaan sekolah dasar. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan mendeskripsikan hasil pengembangan yang berupa desain e-komik tematik berbasis pada pendidikan lingkungan hidup dengan aplikasi macromedia-flash untuk kelas permulaan sekolah dasar. Rancangan penelitian yang digunakan pada saat pengembangan penerapan perangkat pembelajaran adalah mengacu pada tahapan pengembangan four-D models yang meliputi empat tahapan yaitu define, design, develope dan diseminate. Urgensi penelitian ini dapat dilihat dari kebermanfaatannya bagi beberapa pihak. Pihak-pihak tersebut adalah siswa, guru, sekolah, masyarakat dan bagi kelestarian lingkungan. Hasil yang dicapai,  menunjukkan bahwa pengembangan pembelajaran baru sampai pada tahap pengembangan e-komik tematik berbasis pada pendidikan lingkungan hidup dengan aplikasi macromedia-flash untuk SD kelas permulaan. Berdasarkan hasil pengembangan perangkat pembelajaran menunjukkan bahwa kualitas desain e-komik tematik berbasis pada pendidikan lingkungan hidup dengan aplikasi macromedia-flash  untuk kelas permulaan sekolah dasar yang dikembangkan adalah baik dan telah memenuhi kelayakan sebagai perangkat pembelajaran di kelas permulaan sekolah dasar serta efektif menunjang pembelajaran.

Kata kunci: pengembangan desaine-komik, pendidikan lingkungan hidup, aplikasi macromediaflsah


Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

A Agustiningsih, FKIP UNEJ

PENGEMBANGAN DESAIN E-KOMIK TEMATIK BERBASIS PADA PENDIDIKAN LINGKUNGAN HIDUP DENGAN APLIKASI

MACROMEDIA-FLASH UNTUK KELAS PERMULAAN

SEKOLAH DASAR

Agustiningsih[1]

Abstrak. Penelitian ini termasuk penelitian pengembangan, karena dalam penelitian ini dikembangkan desain e-komik tematik berbasis pada pendidikan lingkungan hidup dengan aplikasi macromedia-flash untuk kelas permulaan sekolah dasar. Dalam mengembangkan perangkat pembelajaran, mengacu pada unsur-unsur model pengembangan perangkat pembelajaran Tiagarajan yang disebut four-D Models. Pada penelitian ini fokus pengembangan adalah pada media pembelajaran yang berupa desain e-komik tematik berbasis pada pendidikan lingkungan hidup dengan aplikasi macromedia-flash untuk kelas permulaan sekolah dasar. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan mendeskripsikan hasil pengembangan yang berupa desain e-komik tematik berbasis pada pendidikan lingkungan hidup dengan aplikasi macromedia-flash untuk kelas permulaan sekolah dasar. Rancangan penelitian yang digunakan pada saat pengembangan penerapan perangkat pembelajaran adalah mengacu pada tahapan pengembangan four-D models yang meliputi empat tahapan yaitu define, design, develope dan diseminate. Urgensi penelitian ini dapat dilihat dari kebermanfaatannya bagi beberapa pihak. Pihak-pihak tersebut adalah siswa, guru, sekolah, masyarakat dan bagi kelestarian lingkungan. Hasil yang dicapai,  menunjukkan bahwa pengembangan pembelajaran baru sampai pada tahap pengembangan e-komik tematik berbasis pada pendidikan lingkungan hidup dengan aplikasi macromedia-flash untuk SD kelas permulaan. Berdasarkan hasil pengembangan perangkat pembelajaran menunjukkan bahwa kualitas desain e-komik tematik berbasis pada pendidikan lingkungan hidup dengan aplikasi macromedia-flash  untuk kelas permulaan sekolah dasar yang dikembangkan adalah baik dan telah memenuhi kelayakan sebagai perangkat pembelajaran di kelas permulaan sekolah dasar serta efektif menunjang pembelajaran.

Kata kunci: pengembangan desaine-komik, pendidikan lingkungan hidup, aplikasi macromediaflsah


[1] Dosen PGSD FKIP Universitas Jember

 

Downloads

Published

2015-11-01

Issue

Section

Articles