LEVEL LITERASI MATEMATIKA SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL PISA KONTEN CHANGE AND RELATIONSHIP DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF FIELD DEPENDENT DAN FIELD INDEPENDENT

Authors

  • Devi Anggraeni Pratiwi Pendidikan Matematika FKIP Universitas Jember
  • Dinawati Trapsilasiwi Universitas Jember
  • Ervin Oktavianingtyas Universitas Jember

DOI:

https://doi.org/10.19184/saintifika.v22i1.15949

Abstract

Berdasarkan hasil PISA, rata-rata skor literasi matematika siswa Indonesia masih rendah yaitu 386 dari 500 skor rata-rata keseluruhan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan literasi matematika siswa field dependent (FD) dan siswa field independent (FI) dalam menyelesaikan soal PISA konten Change And Relationship ditinjau dari ketercapaian level literasi matematikanya. Soal PISA konten Change and Relationship berkaitan dengan materi kurikulum yaitu fungsi dan aljabar. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X MIPA 6 SMA Negeri 1 Jember dengan 29 siswa yang terdiri dari 6 siswa field dependent (FD) dan 23 siswa field independent (FI). Hasil penelitian menunjukkan bahwa level literasi matematika siswa field dependent berada pada level 2 (66,67% atau sebanyak 4 siswa) dan level 5 (33,33% atau sebanyak 2 siswa) serta level literasi matematika siswa field independent berada pada level 2 (13% atau sebanyak 3 siswa), level 5 (69,56% atau sebanyak 16 siswa) dan level 6 (17,4% atau sebanyak 4 siswa).

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2020-01-17

Issue

Section

Articles